Minggu, 04 Oktober 2015

PENGERTIAN SISTEM , SISTEM LINGKARAN TERBUKA DAN SISTEM LINGKARAN TERTUTUP




Pengertian Sistem
Secara umum sistem sendiri dapat diartikan sebagai kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu untuk mencapai suatu maksud .Seperti contoh didalam ilmu biologi kita sering mendengar sistem pencernaan .Dari contoh itu dapat didefinisikan bahwasanya yang menjadi komponen-komponen dalam sistem tersebut adalah mulut,kerongkongan sampai usus .Komponen-komponen itu akan saling berhubungan serta bekerja sama dalam mencapai tujuannya .Dalam bidang sistem informasi sistem diartikan sebagai sekelompok komponen yang saling berhubungan .Namun apabila suatu komponen tidak berkontribusi dengan elemen yang lain maka komponen itu bukan bagian dari sebuah sistem .Menurut seorang tokoh bernama Jerry Fith Gerald sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang sakling berhubungan ,berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu .

Komponen Sistem
Suatu sistem tidak berada dalam dalam lingkungan yang kosong ,tetapi berada serta berfungsi didalam lingkungan yang berisi sistem yang lainnya .Apabila suatu sistem merupakan salah satu dari sistem yang lain tetapi lebih kecil maka dinamakan subsistem ,namun sebaliknya apabila suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar maka itu dinamakan suprasistem .Sebagai contoh jika fakultas dianggap sebuah sistem maka yang dianggap sebagai suprasistem adalah perguruan tinggi tersebut .Menurut seorang tokoh bernama Jerry Fith Gerald sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang sakling berhubungan ,berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu .

Klasifikasi Sistem
Sistem sendiri dapat diklasifikasikan dari berbagai sudut pandang ,diantaranya sebagai berikut :

  • Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau gagasan yang tidak tampak  secara fisik .Misalnya saja pada sebuah sistem teologi yaitu sebuah pemikiran tentang hubungan antara Tuhan dengan manusia.
  • Sistem fisik yaitu merupakan sistem yang ada secara fisik dan dapat dilihat dengan mata .Sebagai contoh sistem yang ada pada komputer ,sistem akuntansi ,sistem transportasi ,dan lain sebagainya .
  • Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi karena proses alam bukan karena buatan manusia .Misalnya sebagai contoh sistem tata surya yang ada di jagat raya ini dan sistem rotasi yang terjadi pada bumi .
  • Sistem buatan merupakan sistem yang terjadi melalui rancangan atau campur tangan manusia didalamnya .misalnya sistem komputer ,sistem transportasi sistem tersebut terjadi karena dijalankan oleh manusia.
  • Sistem tertentu merupakan sistem yang operasinya dapat dipredikdi secara cepat dan interaksi diantara bagian-bagian dapat dideteksi dengan pasti .Misalnya sistem komputer karena sistem operasinya dapat diprediksi berdasarkan program yang dijalankan .
  • Sistem tak tentu yaitu sistem yang hasilnya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur-unsur probabilitas .Misalnya saja pada sistem persediaan .
  • Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dengan dengan lingkungan yang ada diluar sistem .Sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan luar sistem tersebut .Dalam kenyataan tidak ada sistem yang tertutup tetapi hanya saja relatif tertutup ,yaitu sistem yang mempunyai masukan dan keluaran tertentudan tidak terpengaruh lingkungan luar .
  • Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan luar dan dapat terpengaruh oleh keadaan yang ada pada lingkungan luar .Sistem terbuka ini menerima masukan atau input dari subsistem lain serta menghasilkan keluaran atau output untuk subsistem yang lain juga .



Daftar Pustaka :
Sistem Informasi Konsep Dan Aplikasinya
http://kuliah.dinus.ac.id/ika/asi1.html
Sistem
konseptual adalah sistem yang  menggunakan sumber daya konseptual  informasi dan data  untuk mewakili suatu sistem fisik.
Contoh: Komputer adalah suatu sistem fisik, tetapi data dan informasi yang disimpan di dalamnya dapat dipandang sebagai suatu sistem konseptual.





Layanan Jalan Tol
Sebagai pemimpin pasar di industri jalan tol, pengoperasian jalan tol yang dilakukan Jasa Marga  merupakan acuan dan telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak.  Selain itu Jasa Marga terus meningkatkan mutu pengoperasian jalan tol  berbasis sertifikasi ISO, serta penerapan Malcolm Baldridge .
Semua bentuk pelayanan Jasa Marga merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap service excellence kepuasan masyarakat luas pengguna jalan tol di Indonesia, melalui pemberian jasa yang modern, berkualitas dan semakin efisien.
Pelayanan yang dilakukan oleh Perseroan dilakukan sebagai berikut :
PELAYANAN TRANSAKSI
Jasa Marga menerapkan system transaksi
  1. Sistem tertutup, yaitu pengguna jalan mengambil tiket di gerbang tol masuk dan membayar di gerbang keluar
  2. Sistem terbuka, yaitu pengguna jalan langsung hanya membayar di gerbang tol masuk,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar